Pages

Thursday, May 17, 2012

Apa Itu Sehat & Pola Hidup Sehat ?

Sebelum mengetahui definisi dari "Pola Hidup Sehat", ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari "Sehat" itu sendiri.


Apa Itu Sehat ?

Istilah sehat dalam kehidupan sehari-hari sering dipakai untuk menyatakan bahwa sesuatu dapat bekerja secara normal. Mungkin kebanyakan orang berpikir bahkan benda mati pun seperti kendaraan bermotor atau mesin, jika dapat berfungsi secara normal, maka seringkali oleh pemiliknya dikatakan bahwa kendaraannya dalam kondisi sehat. 


Kebanyakan orang mengatakan sehat jika badannya merasa segar dan nyaman. Apa kamu juga berpikir begitu? Bahkan seorang dokterpun akan menyatakan pasiennya sehat manakala menurut hasil pemeriksaan yang dilakukannya mendapatkan seluruh tubuh pasien berfungsi secara normal. Namun demikian, pengertian sehat yang sebenarnya tidaklah demikian. 


Jadi apa pengertian sehat menurutmu? Apa kamu masih bingung? Berikut adalah pengertian sehat yang sesungguhnya.


Pengertian sehat menurut UU Pokok Kesehatan No. 9 tahun 1960, Bab I Pasal 2 adalah keadaan yang meliputi kesehatan badan (jasmani), rohani (mental), dan sosial, serta bukan hanya keadaan bebas dari penyakit, cacat, dan kelemahan. Pengertian sehat tersebut sejalan dengan pengertian sehat menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1975 sebagai berikut: Sehat adalah suatu kondisi yang terbebas dari segala jenis penyakit, baik fisik, mental, dan sosial.




Apa Itu Pola Hidup Sehat ?


Pola Hidup Sehat adalah suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang memengaruhi kesehatan, antara lain makananan dan olahraga. 
Pola hidup sehat juga bisa diartikan sebagai suatu perencanaan yang dilakukan untuk tujuan mencapai kualitas hidup yang sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit.




3 comments: